Jumat, 21 Agustus 2015

Tabarruk as-Salaf ash-shoolih






وذكر الحافظ بن عساكر في ترجمة الحافظ عبدالغافر بن إسماعيل الفارسي يقول ابن عساكر: ودفن بنيسابور وقبره يزار وتجاب الدعوة عنده.

Al Hafidz Ibnu Asakir menyebutkan dalam biografi al hafidz Abdul Ghafir bin Ismail al Farisi: Syaikh Abdul Ghafir ini dimakamkan di Naisabur, dan kuburnya diziarahi dan berdoa di kuburnya itu mustajaab

وروى الخطيب في تاريخه عن علي بن ميمون رضي الله عنه انه قال : سمعت الشافعي رضي الله عنه يقول: (إني لأتبرك بأبي حنيفة وأجيء إلى قبره في كل يوم يعني زائرا فإذا عرضت لي حاجة صليت ركعتين وجئت إلى قبره وسألت الله تعالى الحاجة عنده فما يبعد عنه حتى تقضى).

Al-Khathib dalam taarikh Baghdad meriwayatkan dari Ali bin Maimun RA bahwa ia berkata: Aku mendengar Imam Syafii RA berkata: “Sungguh aku bertabarruk dengan Imam Abu Hanifah dan aku datang ke kuburnya setiap hari berziarah. Dan bila aku ada mempunyai hajat, maka aku sholat dua rakaat dan aku datang ke kuburnya, dan aku meminta kepada Allah akan hajatku itu di sisi kuburnya, maka tidaklah lama, hajatku itupun terkabullah”

وروى أيضا عن احمد بن جعفر القطيعي قال: سمعت الحسن بن إبراهيم أبا علي الخلال وهو شيخ الحنابلة في وقته يقول: (ما همني امر فقصدت قبر موسى بن جعفر يعني الكاظم وتوسلت به إلا سهل لي ما أحب).


Al-Khatib juga meriwayatkan dari Ahmad bin Ja’far al-Quthai’I, ia berkata: aku mendengar al-Hasan bin Ibrahim Abu Ali Al-Khallal, beliau adalah syaikhul hanaabilah (pengikut Imam Ahmad bin Hanbal) pada masanya, beliau berkata : “Tidaklah aku ditimpa gundah akan suatu perkara, lalu aku mendatangi kubur Musa bin Ja’far al-Kaadzim dan aku bertawassul dengannya kecuali aku dimudahkan mendapatkan apa yang kusukai

وقال إبراهيم الحربي: قبر معروف ترياق مجرب ذكره الحافظ البغدادي في تاريخ بغداد وذكر الحافظ المحدث شيخ القراء شمس الدين بن الجزري في كتابه الحصن الحصين ان من مواضع إجابة الدعاء قبور الصالحين

Ibrahim al-Harbi berkata : Kubur Ma’ruf al-Karkhi adalah penawar yang manjur. Al-Hafizh al-Baghdadi menyebutkannya dalam Tarikh Baghdad, dan Syaikh Ibnul Jazari juga menyebutkannya dalam kitabnya al-Hishnul Hashiin: “bahwa diantara tempat-tempat  terkabulnya doa adalah kubur orang shalih”
Imam Dzahabi menjelaskan bahwa maksud penawar yang manjur itu adalah doa di sisi kuburnya itu mustajaab.


وقال الشافعي رحمه الله تعالى : قبر موسى الكاظم الترياق المجرب

Imam Syafi’I berkata: “kubur Musa al-Kaadzim adalah penawar yang manjur”

----------------------------------------------------------
Dari Kitab al-Mausuu’ah al-Yusufiyah dengan sedikit tambahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar