(Faidah)
Ini setengah daripada doa yang dibaca akan dia kemudian daripada membaca surah
Yasin. Ketahui olehmu bahwasanya surah yasin itu amat besar qadarnya dan nyata
berkatnya dan masyhur fadhilatnya. Riwayat daripada Nabi Shallalaaahu ‘alaihi
wasallam bersabda Ia bagi sayyidina Ali Radhiyallaaahu ‘anhu lazimi olehmu
dengan membaca surah yasin maka bahwasanya di dalamnya duapuluh berkah , tiada
membaca akan dia oleh orang yang lapar melainkan dikenyangkan dia. Dan tiada
yang dahaga melainkan dipuaskan dia dan tiada yang bertelanjang (tak punya
pakaian) melainkan dipakaikan dia dan tiada yang bujang melainkan berkahwin ia
dan tiada yang takut melainkan diamankan dia dan tiada yang sakit melainkan
disembuhkan dia dan tiada membaca yang kena penjara melainkan dikeluarkan dia
dan tiada yang musafir melainkan ditolongkan atas safarnya dan tiada yang duka
cita melainkan diringankan Allah daripadanya dan tiada membaca oleh yang hilang
baginya sesuatu melainkan mendapat akan dia dan barang siapa ada baginya
hajat pada raja-raja atau pada orang besar orang besar maka hendaklah membaca
akan dia (Surah Yasin) duapuluh lima (25) kali dan masuk ia atasnya maka
bahwasanya dimuliakan dia dan ditunaikan hajatnya biidznillaaahi Ta’aala.
Dan setengah daripada khasiatnya seperti barang yang dinukil daripada Syaikh
asy-Syadzili rahimahullaaahu Ta’aala bahwasanya barang siapa takut daripada
urang yang jabbar dan membaca ia akan dia (Yasin) kemudian membaca ia
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لآ إِلـــهَ
إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لآ إِلـــهَ إِلاَّ هُوَ
ذُو الْجَلاَلِ وَالْإِكْرَامِ بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ
فيِ اْلأَرْضِ وَلاَ فيِ السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. اَللّهُمَّ إِنِّيْ
أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ فُلَانِ بْنِ فُلَانَةٍ
(sebut namanya dan
nama ibunya)
Kemudian
masuk ia atasnya maka bahwasanya aman ia daripada kejahatannya. Dan setengah
daripada khasiatnya bagi menghimpunkan segala
yang dicita-cita bahwa engkau baca akan dia (surah Yasin) empat puluh satu (41)
kali kemudian daripada sembahyang dua rakaat kemudian daripada Isya dan engkau
kata mengiringi tiap-tiap kalinya
يَا مَنْ يَقُوْلُ لِلشَّيْءِ كُنْ فَيَكُوْنُ اِفْعَلْ لِيْ
كَذَا وَكَذَا
Maka
bahwasanya hasilnya mathlubnya insya Allaah Ta’ala. Dan setengah daripada
khasiatnya barangsiapa kena tawan atau berutang atau ketakutan dan membaca ia
akan dia (yasin) tiga kali niscaya dilepaskan dia dan diamankan dia dan
ditunaikan utangnya. Dan demikian lagi pada sekalian yang menduka cita akan
dikau engkau baca akan dia tujuh kali
dan engkau baca akan doa ini tujuh kali kemudian daripada kali yang pertama
atau pada tiap tiap kali dan yaitu
أَيَّتُهَا الْجَمَاعَةُ الْمُسَخَّرُوْنَ الْمُطِيْعُوْنَ لِهذِهِ
السُّوْرَةِ الْمُبَارَكَةِ بِحَقِّ أَنْبِيَاءِ اللهِ تَعَالَى وَأَوْلِيَائِهِ وَبِحَقِّ
خَالِقِكُمْ اِجْعَلُوْا كَلِمِيْ سَارِيَةً وَقَوْلِيْ مَسْمُوْعًا مَقْبُوْلًا
وَاكْفُوْنِيْ مُهِمَّاتِيْ وَأَمِدُّوْنِيْ وَأَعِيْنُوْنِيْ فِي اْلأُمُوْرِ
كُلِّهَا اْلكُلِّيَّةِ وَالْجُزْئِيَّةِ بِحَقِّ إِنَّه مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّه
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ أَلاَّ تَعْلُوْا عَلَيَّ وَائْتُوْنِيْ مُسْلِمِيْنَ
اَلْوَحَا اْلعَجَلَ السَّاعَةَ
Dan
setengah dari pada khasiatnya bahwasanya apabila dibaca akan dia (yasin) 41
kali pada barang hajat ada ia niscaya ditunaikan dia. Dan riwayat setengah
dari[ada urang yang shalihin bahwasanya barangsiapa membaca akan dia (yasin)
seperti bilangan yang tersebut itu daripada ketiadaan berkata-kata selama
membaca akan dia kemudian membaca ia akan doa yang lagi akan disebutnya dan
tidur ia niscaya mendapat ia akan nafaqahnya di bawah kepalanya bihaulillah wa
quwwatih (dengan daya dan kekuatan Allah). Inilah doanya
اَللّهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِيْ فِي السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَإِنْ
كَانَ فِي اْلأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَإِنْ كَانَ فِي اْلبَحْرِ فَأَطْلِعْهُ وَإِنْ
كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ وَإِنْ كَانَ قَرِيْبًا فَيَسِّرْهُ وَإِنْ كَانَ قَلِيْلًا
فَكَثِّرْهُ وَإِنْ كَانَ كَثِيْرًا فَهَوِّنْهُ وَبَارِكْ لِيْ فِيْهِ وَارْزُقْنِيْ
مِنْ حَيْثُ أَحْتَسِبُ وَمِنْ حَيْثُ لَا أَحْتَسِبُ رِزْقًا حَلاَلًا طَيِّبًا عَدَقًا
سَحًّا طَبَقًا مُبَارَكًا فِيْهِ حَتَّى لَايَكُوْنَ لِأَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ عَلَيَّ
فِيْهِ مِنَّةٌ وَاجْعَلْ يَدِيْ عُلْيَا بِالْإِعْطَاءِ وَلَا تَجْعَلْ يَدِيْ سُفْلَى
بِالْاِسْتِعْطَاءِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Dan
terlebih bagus dibaca akan dia kemudian daripada surah al-waqiah dan setengah
daripada khasiatnya bagi barang sesuatu yang dituntun akan dia seperti barang
yang didapat dengan khat setengah ulama bahwa bacakan dia empat kali jangan diceraikan antaranya
dengan sesuatu kemudian dibaca ini empat kali yaitu
سُبْحَانَ الْمُنَفِّسِ عَنْ كُلِّ مَدْيُوْنٍ سُبْحَانَ الْمُفَرِّجِ
عَنْ كُلِّ مَحْزُوْنٍ سُبْحَانَ مَنْ جَعَلَ خَزَائِنَهُ بَيْنَ اْلكَافِ وَالنُّوْنِ
سُبْحَانَ مَنْ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُوْلَ لَه كُنْ فَيَكُوْنُ يَا مُفَرِّجُ
فَرِّجْ
Empat
kali
فَرِّجْ عَنِّيْ هَمِّيْ وَغَمِّيْ فَرَجًا عَاجِلاً بِرَحْمَتِكَ
يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى
آلِه وَصَحْبِه وَسَلَّمَ
الجوهر الموهوب ومنبهات القلوب ص. 119-121.
Dan
dinuqil daripada al-‘aarif lil iijaad Sayyid Syarif Abdulllah bin Alwi al-Haddad “setengah daripada barang
yang mewajibkan husnul khatimah tatkala
matinya dibaca akan istighfar ini kemudian daripada sembahyang maghrib empat
kali yaitu:
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِيْ لآ إِلـــهَ إِلاَّ هُوَ الرَّحْمنَ
الرَّحِيْمَ اْلحَيَّ الْقَيُّوْمَ الَّذِيْ لَا يَمُوْتُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ
رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ
Dan
riwayat Abu Sa’id al-Khudri Radhiyallaahu ‘anhu daripada Nabi Shallallaaahu
‘alaihi wa sallam bersabda “barangsiapa berkata tatkala mengambil ia akan
tempat tidurnya
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ (الَّذِيْ) لآ إِلـــهَ إِلاَّ
هُوَ اْلحَيَّ الْقَيُّوْمَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ
tiga
kali, niscaya diampuni Allah Ta’ala baginya akan segala dosanya dan jika ada ia
seumpama buih di laut sekalipun dan jika ada ia seumpama sebilang-bilang pasir
bukit dan jika ada ia seumpama segala hari dunia sekalipun
الجوهر الموهوب ومنبهات القلوب ص. 125.
Terima kasih artikelnya syeikh...
BalasHapus