Kamis, 27 Agustus 2015

Keutamaan surah Yasin dan Istighfar



(Faidah) Ini setengah daripada doa yang dibaca akan dia kemudian daripada membaca surah Yasin. Ketahui olehmu bahwasanya surah yasin itu amat besar qadarnya dan nyata berkatnya dan masyhur fadhilatnya. Riwayat daripada Nabi Shallalaaahu ‘alaihi wasallam bersabda Ia bagi sayyidina Ali Radhiyallaaahu ‘anhu lazimi olehmu dengan membaca surah yasin maka bahwasanya di dalamnya duapuluh berkah , tiada membaca akan dia oleh orang yang lapar melainkan dikenyangkan dia. Dan tiada yang dahaga melainkan dipuaskan dia dan tiada yang bertelanjang (tak punya pakaian) melainkan dipakaikan dia dan tiada yang bujang melainkan berkahwin ia dan tiada yang takut melainkan diamankan dia dan tiada yang sakit melainkan disembuhkan dia dan tiada membaca yang kena penjara melainkan dikeluarkan dia dan tiada yang musafir melainkan ditolongkan atas safarnya dan tiada yang duka cita melainkan diringankan Allah daripadanya dan tiada membaca oleh yang hilang baginya sesuatu melainkan mendapat akan dia dan barang siapa ada baginya hajat pada raja-raja atau pada orang besar orang besar maka hendaklah membaca akan dia (Surah Yasin) duapuluh lima (25) kali dan masuk ia atasnya maka bahwasanya dimuliakan dia dan ditunaikan hajatnya biidznillaaahi Ta’aala. Dan setengah daripada khasiatnya seperti barang yang dinukil daripada Syaikh asy-Syadzili rahimahullaaahu Ta’aala bahwasanya barang siapa takut daripada urang yang jabbar dan membaca ia akan dia (Yasin) kemudian membaca ia
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لآ إِلـــهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لآ إِلـــهَ إِلاَّ هُوَ ذُو الْجَلاَلِ وَالْإِكْرَامِ بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فيِ اْلأَرْضِ وَلاَ فيِ السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. اَللّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ فُلَانِ بْنِ فُلَانَةٍ
  (sebut namanya dan nama ibunya)
Kemudian masuk ia atasnya maka bahwasanya aman ia daripada kejahatannya. Dan setengah daripada khasiatnya  bagi menghimpunkan segala yang dicita-cita bahwa engkau baca akan dia (surah Yasin) empat puluh satu (41) kali kemudian daripada sembahyang dua rakaat kemudian daripada Isya dan engkau kata mengiringi tiap-tiap kalinya

يَا مَنْ يَقُوْلُ لِلشَّيْءِ كُنْ فَيَكُوْنُ اِفْعَلْ لِيْ كَذَا وَكَذَا
Maka bahwasanya hasilnya mathlubnya insya Allaah Ta’ala. Dan setengah daripada khasiatnya barangsiapa kena tawan atau berutang atau ketakutan dan membaca ia akan dia (yasin) tiga kali niscaya dilepaskan dia dan diamankan dia dan ditunaikan utangnya. Dan demikian lagi pada sekalian yang menduka cita akan dikau engkau baca  akan dia tujuh kali dan engkau baca akan doa ini tujuh kali kemudian daripada kali yang pertama atau pada tiap tiap kali dan yaitu 
أَيَّتُهَا الْجَمَاعَةُ الْمُسَخَّرُوْنَ الْمُطِيْعُوْنَ لِهذِهِ السُّوْرَةِ الْمُبَارَكَةِ بِحَقِّ أَنْبِيَاءِ اللهِ تَعَالَى وَأَوْلِيَائِهِ وَبِحَقِّ خَالِقِكُمْ اِجْعَلُوْا كَلِمِيْ سَارِيَةً وَقَوْلِيْ مَسْمُوْعًا مَقْبُوْلًا وَاكْفُوْنِيْ مُهِمَّاتِيْ وَأَمِدُّوْنِيْ وَأَعِيْنُوْنِيْ فِي اْلأُمُوْرِ كُلِّهَا اْلكُلِّيَّةِ وَالْجُزْئِيَّةِ بِحَقِّ إِنَّه مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّه بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ أَلاَّ تَعْلُوْا عَلَيَّ وَائْتُوْنِيْ مُسْلِمِيْنَ اَلْوَحَا اْلعَجَلَ السَّاعَةَ
Dan setengah dari pada khasiatnya bahwasanya apabila dibaca akan dia (yasin) 41 kali pada barang hajat ada ia niscaya ditunaikan dia. Dan riwayat setengah dari[ada urang yang shalihin bahwasanya barangsiapa membaca akan dia (yasin) seperti bilangan yang tersebut itu daripada ketiadaan berkata-kata selama membaca akan dia kemudian membaca ia akan doa yang lagi akan disebutnya dan tidur ia niscaya mendapat ia akan nafaqahnya di bawah kepalanya bihaulillah wa quwwatih (dengan daya dan kekuatan Allah). Inilah doanya

اَللّهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِيْ فِي السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَإِنْ كَانَ فِي اْلأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَإِنْ كَانَ فِي اْلبَحْرِ فَأَطْلِعْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ وَإِنْ كَانَ قَرِيْبًا فَيَسِّرْهُ وَإِنْ كَانَ قَلِيْلًا فَكَثِّرْهُ وَإِنْ كَانَ كَثِيْرًا فَهَوِّنْهُ وَبَارِكْ لِيْ فِيْهِ وَارْزُقْنِيْ مِنْ حَيْثُ أَحْتَسِبُ وَمِنْ حَيْثُ لَا أَحْتَسِبُ رِزْقًا حَلاَلًا طَيِّبًا عَدَقًا سَحًّا طَبَقًا مُبَارَكًا فِيْهِ حَتَّى لَايَكُوْنَ لِأَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ عَلَيَّ فِيْهِ مِنَّةٌ وَاجْعَلْ يَدِيْ عُلْيَا بِالْإِعْطَاءِ وَلَا تَجْعَلْ يَدِيْ سُفْلَى بِالْاِسْتِعْطَاءِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Dan terlebih bagus dibaca akan dia kemudian daripada surah al-waqiah dan setengah daripada khasiatnya bagi barang sesuatu yang dituntun akan dia seperti barang yang didapat dengan khat setengah ulama bahwa bacakan  dia empat kali jangan diceraikan antaranya dengan sesuatu kemudian dibaca ini empat kali yaitu
سُبْحَانَ الْمُنَفِّسِ عَنْ كُلِّ مَدْيُوْنٍ سُبْحَانَ الْمُفَرِّجِ عَنْ كُلِّ مَحْزُوْنٍ سُبْحَانَ مَنْ جَعَلَ خَزَائِنَهُ بَيْنَ اْلكَافِ وَالنُّوْنِ سُبْحَانَ مَنْ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُوْلَ لَه كُنْ فَيَكُوْنُ يَا مُفَرِّجُ فَرِّجْ
Empat kali
فَرِّجْ عَنِّيْ هَمِّيْ وَغَمِّيْ فَرَجًا عَاجِلاً بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِه وَصَحْبِه وَسَلَّمَ
الجوهر الموهوب ومنبهات القلوب ص. 119-121.


Dan dinuqil daripada al-‘aarif lil iijaad Sayyid Syarif Abdulllah  bin Alwi al-Haddad “setengah daripada barang yang mewajibkan  husnul khatimah tatkala matinya dibaca akan istighfar ini kemudian daripada sembahyang maghrib empat kali yaitu:
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِيْ لآ إِلـــهَ إِلاَّ هُوَ الرَّحْمنَ الرَّحِيْمَ اْلحَيَّ الْقَيُّوْمَ الَّذِيْ لَا يَمُوْتُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ
Dan riwayat Abu Sa’id al-Khudri Radhiyallaahu ‘anhu daripada Nabi Shallallaaahu ‘alaihi wa sallam bersabda “barangsiapa berkata tatkala mengambil ia akan tempat tidurnya
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ (الَّذِيْ) لآ إِلـــهَ إِلاَّ هُوَ اْلحَيَّ الْقَيُّوْمَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ
tiga kali, niscaya diampuni Allah Ta’ala baginya akan segala dosanya dan jika ada ia seumpama buih di laut sekalipun dan jika ada ia seumpama sebilang-bilang pasir bukit dan jika ada ia seumpama segala hari dunia sekalipun

الجوهر الموهوب ومنبهات القلوب ص. 125.

1 komentar: